Minggu, 12 Februari 2017

Tanda-Tanda Atau Ciri-Ciri Sakit Tipes Kambuh Dan Sembuh Serta Penyebabnya

Sakit tipes- Bakteri Salmonella thypi merupakan sumber penyebab utama yang bertanggung jawab penuh terhadap terjadinya infeksi tipes di usus penderita. Bakteri tersebut dapat ditemukan di dalam tinja dan air kemih si penderita. Bakteri Salmonella thypi masuk ke dalam saluran pencernaan dan bisa masuk ke dalam peredaran darah melalui paparan pada tangan yang sudah terkontaminasi kemudian tanpa sadari digunakan untuk memasukkan makanan ke dalam mulut tanpa cuci tangan terlebih dahulu. Sebab inilah yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada usus halus dan usus besar. Usus halus merupakan bagian dari saluran pencernaan yang terletak di antara lambung dan usus besar, sedangkan usus besar merupakan proses akhir dari saluran pencernaan.

Tanda-Tanda Atau Ciri-Ciri Sakit Tipes Kambuh Dan Sembuh Serta Penyebabnya


Jenis bakteri ini juga mempunyai kemampuan lain yaitu dapat menular cepat ke orang lain jika terkena kontak langsung melalui makanan atau minuman. Bakteri ini dapat bertahan lama dalam air dan menularkan penyebaran infeksi melalui makanan atau minuman dari si penderita. Oleh karena itu, kelalaian dalam kebersihan mencuci tangan sebelum makan atau pencucian yang kurang bersih sering dikaitkan menjadi dalang dari penyebaran sakit tipes. Terlebih faktor kebersihan lingkungan juga kurang memadai sehingga ikut mendukung aksi dalam penyebaran infeksi ini.

Tanda-Tanda Atau Ciri-Ciri Sakit Tipes Kambuh Dan Sembuh Serta Penyebabnya

Komplikasi Yang Disebabkan Oleh Sakit Tipes


Jika sakit tipes tak segera ditangani dengan cepat dan tepat bisa menimbulkan komplikasi penyakit lain, seperti:
  1. Pendarahan Gastrointestinal,
  2. Kebocoran usus,
  3. Kompilkasi pada sistem saraf,
  4. Komplikasi penyakit lain, misalnya radang pankreas, hepatitis, kelainan darah, pneumonia, infeksi ginjal.

Penyebab Penyakit Tipes dan Faktor Pemicu Tipes Kambuh Kembali

Sakit tipes juga bisa disebabkan oleh kuman yang bernama Typhoid Bacillus dan sering kali menyerang anak-anak yang berusia diatas 2 tahun. Penyakit ini biasanya akan menyerang jaringan-jaringan yang terdapat yang terdapat di kelenjar getah bening. Penyakit tipes dapat menyebabkan dehidrasi akut, karenanya usahakan si penderita diberikan air sebagai pengganti cairan yang telah hilang.

Selain menular penyakit tipes juga dapat kambuh kembali pada seseorang yang mempunyai riwayat sakit tipes. Hal ini disebabkan si penderita sering kali lupa dan masih menerapkan kebiasaan tidak sehatnya. Penderita juga tidak menyadari bahwa mereka mempunyai riwayat penyakit tipes, karena gejalanya yang ditimbulkan acapkali sama dan dianggap dengan gejala pada demam biasa. Kebiasaan yang umumnya tidak sehat bisa berupa kurang menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri, pola makan yang tidak teratur, tidur terlalu larut, mengabaikan istirahat cukup sehingga tubuh menjadi kelelahan parah, jarang minum, sering mengonsumsi minuman bersoda yang tidak baik untuk lambung dan usus, terlalu banyak mengonsumsi makanan asam, pedas, dan berlemak, serta jarang olahraga.

Kualitas makanan yang tidak terjaga memang bisa menjadi salah satu penyebab utama sakit tipes kambuh kembali. Namun selain itu faktor lain yang cukup mempengaruhi ialah berkurangnya waktu untuk berisitrahat karena aktivitas berlebih dan cukup menguras banyak tenaga. Waktu istirahat yang kurang akan membuat daya tahan pada tubuh menurun sehingga berujung pada dropnya tubuh. Dikarenakan kebiasaan-kebiasaan itulah yang sering menjadi penyebab penyakit tipes yang anda derita menjadi kambuh kembali.

Ciri-Ciri Atau Tanda-Tanda Sakit Tipes Kambuh Kembali

Lalu apa saja tanda-tanda sakit tipes kembali kambuh dan menyerang tubuh anda? Berikut beberapa penjelasan tanda-tandanya agar anda dapat mengantipasi dan menjaga kesehatan anda sebelum sakit tipes bertambah parah:

1) Demam dan sakit kepala
Terjadinya gejala demam mencapai suhu tinggi, bahkan bisa mencapai 39◦ hingga 40◦ derajat celcius dengan disertai sakit kepala pada tubuh saat memasuki hari ke 5 sampai 7 hari. Selain itu demam juga bisa membuat denyut jantung dirasa melambat dan tanpa disadari limpa anda mengalami pembengkakan sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada tubuh.

2) Diare atau sembelit bahkan muntaber
Pada minggu pertama biasanya tidak hanya demam dan sakit kepala yang dialami oleh penderita tapi juga bisa disertai dengan gejala lain seperti diare (biasanya dialami oleh sebagian anak kecil yang terkena tipes) atau sembelit (biasanya dialami oleh orang dewasa) bahkan muntaber (jika pasien mempunyai riwayat penyakit magh, makanan apapun tidak dapat dicerna dengan baik oleh usus sehingga penderita akan kesulitan mendapatkan asupan makanan yang cukup).

3) Ruam pada kulit
Munculnya tanda-tanda ruam pada kulit saat anda terkena demam biasanya ruam akan muncul disekitar bagian dada atau leher dan bagian lainnya.

4) Pegal-pegal pada badan dan otot terasa sakit
Dikarenakan efek panas dalam tubuh badan anda akan terasa pegal dan sakit di semua bagian. Seperti saat anda sedang meriang karena masuk angin. Terutama di bagian punggung, kaki dan tangan.

5) Badan lemas
Hal ini dikarenakan panas demam serta berkurangnya asupan makanan pada tubuh anda. Bisa disebabkan oleh efek mual pada perut, keadaan perut yang selalu memuntahkan makanan saat masuk ke dalam perut atau nafsu makan yang hilang.

6) Tidak nafsu makan
Akibat demam tubuh menjadi kehilangan nafsu makannya dan jika anda mempunyai riwayat magh, perut akan menolak diisi karena asam lambung yang ikut naik sehingga jika tidak cepat-cepat ditangani tubuh akan kehilangan asupan nutrisi dan cairan penting yang dibutuhkan. Baca juga artikel kesehatan lainnya: Nama Obat Muntah di Apotik dan Herbal Alami Orang Dewasa Paling Ampuh dan Berkesan.

Tanda-Tanda Penyakit Tipes Telah Sembuh

Selain memperhatikan ciri-ciri atau tanda dari gejala tipes anda kambuh, anda juga dapat memperhatikan tanda-tanda dari sakit tipes yang anda alami telah berangsur membaik sehingga anda dapat mengupayakan proses pemulihan lebih cepat juga. Namun sebenarnya dalam menentukan apakah anda sudah sembuh dari sakit tipes apa belum masih tergolong sulit, walaupun kondisi yang sedang dialami pasien sudah tidak menimbulkan seperti gejala tipes. Gejala yang sudah berkurang, belum tentu anda sudah terbebas dari infeksi tipes yang menyerang. Sebab kebanyakan orang yang sudah merasa membaik kondisinya, tiba-tiba kambuh lagi akibat pola hidup sehat yang anda langgar. Jika anda mengalami hal ini, sebaiknya perlu anda konsultasikan kembali pada dokter yang menangani anda sebelumnya.

Dokter akan melihat kondisi anda secara menyeluruh, mungkin pemeriksaan darah seperti sebelumnya akan diulang kembali. Jika terdapat indikasi atau pertanda infeksi tipes di dalam tubuh anda belum hilang, kemungkinan besar dokter akan meresepkan kembali obat untuk anda. Atau anda juga bisa memperhatikan beberapa tanda sakit tipes anda perlahan sembuh dengan merasakan gejala-gejala tipes yang selama ini anda alami berangsur-angsur hilang. Kondisi si pasien akan terlihat semakin membaik dan sistem pencernaan juga dari hari ke hari ikut pulih.

Cara Mencegah Tipes Datang Kembali

Jika anda sudah melakukan pengobatan pada infeksi penyakit tipes dan merasa sudah sembuh total, hal itu tidak menjamin anda kebal terhadap infeksi berikutnya. Penyakit tipes yang kambuh kembali bisa disebabkan oleh kebersihan diri dan lingkungan anda kurang terjaga. Maka dari itu anda memerlukan beberapa pencegahan penyakit tipes agar tak muncul lagi sebagai berikut:
  • Selalu mencuci tangan anda sebelum dan sesudah makan,
  • Jaga pola makan dengan menghindari konsumsi berlebih makanan berlemak, asam, dan pedas,
  • Pastikan untuk selalu membersihkan makanan atau sayuran anda sebelum dimasak,
  • Ketika kondisi anda sedang drop, hindari jajan sembarangan, dan
Jika anda ada waktu lebih, siapkan bekal makan dan minum dari rumah yang sudah teruji kebersihannya.
Sekian tentang askep Sakit tipes yang bisa kami sampaikan melalui www.obatpanas.com.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: